Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

1. Pendekatan dan jenis penelitian yang relevan dengan Prodi Pendidikan Sejarah. 2. Komponen proposal penelitian yang sesuai dengan pendekatan dan jenis penelitian. 3. Masalah tepilih yang layak diteliti dalam pendidikan sejarah. 4. Presentasi proposal dalam forum seminar.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan sejarah secara obyektif berdasarkan data awal.
  • Mampu mengidentifikasi pendekatan dan jenis penelitian yang sesuai dengan permasalahan dan data penelitian.
  • Mampu menyusun proposal penelitian berdasarkan komponen dan urutan yang sesuai dengan penelitian yang dipilih.
  • Mampu memilih pustaka yang relevan untuk kajian teori.
  • Kesediaan menerima kritik dan saran terhadap proposal yang dipresentasikan.
  • Mampu menghindari plagiasi baik disengaja atau tidak disengaja.
Daftar Pustaka:
  • Abdurrahman,. D. 1999. Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
  • Bogdan, Robert C; Biklen, Knopp. 1982. Qualitative Ressearch for Education: an Introduction to Theory and Method. Boston-London
  • Burke, P. 2003. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Kartodirdjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
  • Kuntowijayo. 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  • Lohanda, M. 1998. Sumber Sejarah dan Penelitian Sejarah. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Lembaga Penelitian Universitas Indonesia.
  • Sjamsuddin, H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
  • Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • Suriasumantri, J.S. 1986. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.