Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji membandingkan hakekat strategi, model, metode belajar sejarah, dan mengintegrasikan dengan media, teknik dan manajemen kelas dalam pembelajaran sejarah, bersikap terbuka akan pembaharuan dan kreasi, menyusun dan menemukan strategi sesuai dengan mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Konsep-konsep strategi pembelajaran secara umum dan mengaplikasi dalam pembelajaran sejarah
  • Mahasiswa mampu membedakan berbagai pendekatan dan model pembelajaran sejarah
  • Mampu membuat rancangan pembelajaran sejarah yang kreatif, inovatif, kontekstual dan bermakna serta memperkuat pendidikan kharakter
Daftar Pustaka:
  • Aqib, Zaenal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung; Yrama Widya.. Wena
  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan StandarKompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
  • Ohorella, G. 1995. Pengajaran Sejarah, Kumpulan Makalah Simposium. Jakarta: Dirjen Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional
  • Riyanto,Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  • Roestiyah, NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
  • Rusman 2012. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta; RajaGrafinda Persada
  • Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
  • Silberman, M.L. 2017. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktit. Bandung: Nuansa Cendekia
  • Slavin, R.E.2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terj.Lita. Bandung: Nusa Media
  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembalajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  • Sumaatmadja, N. 1980. Metodologi Pengalajaran IPS. Bandung: Penerbit Alumni.
  • Ainull ah, N.I.2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana
  • Suryani, Nunuk & Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
  • De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: mempraktekkan Quantum Learning diRuang Kelas. Bandung: Kaifa
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual, (ContextualTeaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan LanjutanPertama (PLP)
  • Hadi Subroto, T., Herawati,IS. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Iyaumi,M. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
  • Majid, A. (2013). Strategi PembelajaranI. Bandung: Rosda karya
  • Kosasih. E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran.Implentasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya