Tahun Akademik:
Pendek 2022/2023
Kelas-Offr:
KH-KH
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran BSI secara kolaboratif bersama guru. Matakuliah ini memuat materi: (1) konsep dasar metode dan media pembelajaran BSI; (2) pengklasifikasian berbagai metode dan media pembelajaran BSI; (3) analisis penerapan berbagai metode dan media pembelajaran BSI; (4) prinsip-prinsip pengembangan metode dan media pembelajaran BSI; (5) perancangan dan pengembangan metode dan media pembelajaran BSI, baik digital maupun non digital; serta (6) analisis implementasi metode dan media pembelajaran BSI yang dikembangkan.
Capaian Pembelajaran
Pendek 2022/2023
Kelas-Offr:
KH-KH
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran BSI secara kolaboratif bersama guru. Matakuliah ini memuat materi: (1) konsep dasar metode dan media pembelajaran BSI; (2) pengklasifikasian berbagai metode dan media pembelajaran BSI; (3) analisis penerapan berbagai metode dan media pembelajaran BSI; (4) prinsip-prinsip pengembangan metode dan media pembelajaran BSI; (5) perancangan dan pengembangan metode dan media pembelajaran BSI, baik digital maupun non digital; serta (6) analisis implementasi metode dan media pembelajaran BSI yang dikembangkan.
Capaian Pembelajaran
- Memiliki pemahaman konsep dasar metode dan media pembelajaran BSI.
- Mengklasifikasikan berbagai metode dan media pembelajaran BSI.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan metode dan media pembelajaran BSI.
- Merancang dan mengembangkan metode dan media pembelajaran BSI, baik sederhana (non digital) maupun berbasis teknologi (digital).
- Angulu, Y. D. (2020). TECHNOLOGY IN LANGUAGE LEARNING: AN EFFECTIVE INNOVATION BUT NOT WITHOUT ITS CHALLENGES. SAPIENTIA FOUNDATION JOURNAL OF EDUCATION, SCIENCES AND GENDER STUDIES, 2(4).
- Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Kemendikbud RI. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Jenderal
- Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
- McDougall, Julian. 2012. Media Studies: The Basic. NY: Routledge.
- Scarratt, Elaine & Davidson, Jon. 2012. The Media Teacher’s Handbook. NY: Routledge.
- Loucky, J. P., & Ware, J. L. (2017). Flipped instruction methods and digital technologies in the language learning classroom.
- Hrastinski, S. (2019). What do we mean by blended learning?. TechTrends, 63(5), 564-569.
- Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers & Education, 144, 103701.
- Hockly, N. (2018). Blended learning. Elt Journal, 72(1), 97-101.
- Boelens, R., De Wever, B., & Voet, M. (2017). Four key challenges to the design of blended learning: A systematic literature review. Educational Research Review, 22, 1-18.
- Thomas, N., & Rose, H. L. (2018). Do language learning strategies need to be self-directed? Disentangling strategies from self-regulated learning. Tesol Quarterly, 53(1).
- Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Bazalgette, Cary. 2010. Teaching Media in Primary Schools. NY: Sage Publications Ltd.
- Pengajar: Imam Agus Basuki