Tahun Akademik:
Pendek 2022/2023
Kelas-Offr:
SP-SP
Deskripsi:

Matakuliah yang mengkaji dasar teori semiotika yang terimplementasi pada berbagai kasus desain komunikasi visual


Capaian Pembelajaran
  • 1.   Memahami dasar perbedaaan kerangka berpikir aliran semiotika pragmatis dan strukturalis


  • 2. Analisa semiotika pragmatis dan strukturalis terhadap karya Desain Komunikasi Visual

  • 3. Mengetahui bentuk aplikasi teori semiotika pada bidang Desain Komunikasi Visual

Daftar Pustaka:
  • 1. Marcel Danesi, Pesan, Tanda dan Makna (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2010.

  • 10. Vera, Nawiroh. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor, 2014

  • 11. Vihma, Susann., Vakeva, Seppo. Semiotika Visual, Semantika Produ. Jalasutra. Yogyakarta, 2009.


  • 2. Sumbo Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta. 2012.

  • 3. Roland Barthes, Elemen-elemen Semiologi (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta

  • 4. Alex, Sobur. Semiotika Komunikasi.Penerbit Rosda. Bandung, 2009.

  • 5. Alex Sobur, Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotic dan Analisis Framing, Penerbit Rosdakarya, Bandung, 2009.

  • 6. John Fiske, Cultural dan Communication Studies (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2009.


  • 7. John Fiske, Memahami Budaya Populer (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2011.

  • 8. Benny H. Hoed, Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya, Penerbit Komunitas Bambu, Jakarta, 2011

  • 9. Kris Budiman, Semiotika Visual : Konsep, Isu dan Problem Ikonisitas, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2011.