Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-S2
Deskripsi:
Mahasiswa memahami dan terampil melakukan evaluasi program, evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar dalam pendidikan olahraga. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, evaluasi program dikaji dengan menggunakan berbagai dasar, dengan topik-topik antara lain: goal oriented evaluation model, goal free evaluation model, formatif sumatif evaluation model, countenance evaluation model, responsive evaluation model, CSE-UCLA evaluation model, CIPP evaluation model, descrepancy model, SWOT Model, konteks program evaluasi, jenis-jenis instrumen evaluasi program, validitas, reliabilitas dan objektivitas instrumen, model pengembangan instrumen evaluasi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pemahaman konsep dasar teori dan prinsip-prinsip evaluasi Program dan hasil belajar pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa memiliki pemahaman konsep dasar teori tentang kriteria instrumen yang baik dalam pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa menerapkan model-model evaluasi program dalam pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa terampil menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi program, evaluasi proses dan hasil belajar secara mandiri.
Daftar Pustaka:
  • Alkin, M.C. 2013. Evaluation Roots: A Wider Perspective of Theoriests’ View and Influences. London: Sage Publications.
  • Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Terjemahan; Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip. Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Arikunto S, Jabar, CSA. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Edisi Kelima. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Barkley, E.F. & Major, C.H. 2016. Learning Assesment Techniques. USA: Jossey Bass.
  • Basuki, I & Hariyanto. 2016. Assesment Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Fiztpatrick, J.L. Sanders J.R., & Worthen, B.R. 2012. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. New York: Pearson.
  • Gabalán-Coello, J., Vásquez-Rizo, F.E. and Laurier, M., 2020. Evaluating Teaching Practices in Graduate Programs. SpringerBriefs in Educatiion
  • Kellaghan, T. and Stufflebeam, D.L. eds., 2012. International Handbook of Educational Evaluation: Part One: Perspectives/Part Two: Practice (Vol. 9). Springer Science & Business Media.
  • Komarudin. 2016. Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Lacy. A.C. 2011. Measurement & Evaluation in Physical Education and Exercise Science. Montreal Toronto: Benjamin Commings.
  • Mahardika I M. S. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
  • Mukhadis. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi. Malang: Bayu Media Publishing.
  • Murni, W. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Patton, M.Q. 2011. Developmental Evaluation: Applying Complexity Concepts to Enhance Innovation and Use. New York: The Guilford Press.
  • Stufflebeam, D.L. & Zhang, G. 2017.The CIPP Evaluation Models. Londosn: The Guilford Press.
  • Stufflebeam, D.L. and Coryn, C.L., 2014. Evaluation Theory, Models, and Applications (Vol. 50). John Wiley & Sons.
  • Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  • Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan; Prinsip & Operasionalnya. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.