Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep penelitian dan pendidikan, 2) topik-topik penelitian dalam dunia pendidikan, kajian penelitian pendidikan, 3) jenis-jenis penelitian pendidikan, 4) merancang penelitian pendidikan 5) melaksanakan penelitian pendidikan 6) mengomunikasikan hasil penelitian pendidikan 7) menulis jurnal hasil penelitian pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap terhadap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Mahasiswa mampu merumuskan topik dalam desain penelitian sesuai dengan prosedur jenis penelitian yang dapat dikembangkan dalam penelitian pendidikan.
  • Memapu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mahasiswa dapat menjalankan dan menerapkan jiwa wirausaha sosial yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan
Daftar Pustaka:
  • Lodico, Marguerite G., Dean T. Spaulding, dan Katherine H. Voegtle. 2006. Methods in Educational Research from Theory to Practice. USA: Jossey – Bass.
  • Drew, Clifford J., Michael L. Hardman, dan John L. Hosp, John L. 2017. Penelitian Pendidikan: Merancang dan Melaksanakan Penelitian Pada bidang Pendidikan. Yogyakarta: Indeks.
  • Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
  • Cresswell, J.W.2010. Research Design: Qualitative& Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational.
  • Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach.Buckingham: Open University Press.