Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang problematika penyusunan skripsi: belajar mengenali potensi kekuatan dan hambatan baik teknis maupun nonteknis dalam penyusunan skripsi, dan strategi mengatasinya, penyusunan perencanaan penyelesaian skripsi tepat waktu, dan pengembangan serta penggunaan sistem file untuk penyusunan proposal skripsi, pedoman penulisan skripsi (aspek teknis skripsi) dan penggunaan buku bimbingan skripsi, strategi memahami berbagai fenomena dan fakta yang dapat dikembangnya menjadi masalah dalam latar belakang penelitian yang dikaitkan atau ditinjau dari sudut pandang teoritis tertentu, pendefinisian dan pengembangan topik penelitian, penelusuran dan penggunaan sumber pustaka yang relevan dengan topik penelitian secara efektif, penguasaan lebih dalam terhadap metodologi penelitian terkait dengan topik yang dipilih (tujuan, desain, hipotesis, memahami dan mengidentifikasi karakteristik populasi, menetapkan teknik sampling dan sampel, mengembangkan instrumen, menentukan analisis data), penulisan draf proposal skripsi (pendahuluan dan kajian pustaka serta metode penelitian) secara taat kode etik ilmiah dalam supervisi pembimbing, persentasi dalam seminar dan revisi proposal, penyegaran penyusunan instrumen dan analisis data berbasis IT dan sumber bantuan riset lainnya, pengorganisasian dan penyusunan proposal skripsi yang siap dilaksanakan, penguasaan pokok bahasan tersebut diukur dengan dihasilkannya proposal penelitian, presentasi proposal, dan kemampuan mahasiswa mempertahankan serta merevisi proposal yang disusunnya untuk ditindaklanjuti dalam penulisan skripsi.
Capaian Pembelajaran
  • Berkomunikasi secara santun, efisien dan efektif dengan pembimbing dan pihak-pihak yang terkait dengan penyelesaian proposal skripsi
  • Memahami problematika teknis dan nonteknis terkait skripsi, kemudian merencanakan suatu kegiatan penelitian skripsi, di antara berbagai aktivitas lainnya, dalam rangka menyelesaikan skripsi secara tepat waktu
  • Menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif mampu memahami konsep/teori terkait variabel/topik yang ia teliti, dan mampu memahami prinsip dan prosedur tentang pendekatan penelitian yang ia gunakan pada bidang bimbingan dan konseling.
  • Menggunakan pemahaman tentang konsep/teori prinsip dan prosedur penelitian tersebut untuk memahami dan mengidentifikasi fenomena problematik, mengidentifikasi masalah-masalah yang diteliti, dan merumuskan masalah, yang selanjutnya menulis proposal penelitian pada bidang bimbingan dan konseling dengan mematuhi kode etika ilmiah dan tata aturan baku penulisan karya ilmiah
Daftar Pustaka:
  • Muraray, R. How to Write a Thesis. Berkshire, Englad: McGraw-Hill House
  • Soedjito dan Saryono, D., 2012. Seri Terampil Menulis, Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing
  • Universitas Negeri Malang. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, artikel, makalah, laporan penelitian. Malang: UM Press
  • Universitas Negeri Malang: Rekaman Proses Layanan Bimbingan Skripsi. Malang: Program Studi Bimbingan dan Konseling