Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A2-A2
Deskripsi:

Dasar-dasar pengajaran mikro; dasar-dasar lesson study (plan, do, see); ketarampilan dasar mengajar dalam pembelajaran sejarah yang meliputi: membuka dan menutup pembelajaran; bertanya tingkat dasar dan lanjut; menjelaskan informasi secara sistematik dan menarik; memberikan penguatan dalam pembelajaran; menggunakan alat dan media pembelajaran; membimbing diskusi kelompok kecil; mengelola kelas; menggunakan bahasa (verbal dan non verbal) penampilan, gerak, dan waktu selang dalam pembelajaran; mengadakan variasi dalam pembelajaran; melakukan evaluasi dalam pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi dasar-dasar pengajaran mikro dan lesson study untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sejarah yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter.
  • Mampu menguraikan ketarampilan dasar mengajar dalam pembelajaran sejarah secara inovatif dan kontekstual.
  • Mampu mendemonstrasikan keterampilan dasar mengajar secara terisolasi dalam kerangka peer teaching dan secara terintegrasi dalam kerangka lesson study.
  • Mampu melakukan refleksi atas kegiatan praktik keterampilan dasar mengajar yang telah dilaksanakan baik secara terisolasi maupun terintegrasi.
Daftar Pustaka:
  • Arends, R.I. 2008..Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Chatib, M. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
  • Derek Bok Center for Teaching and Learning. 2016. What is Microteaching? Cambridge: Derek Bok Center for Teaching and Learning. Retrieved from http://bokcenter.harvard.edu/what-microteaching
  • Garvey, B. & Krug, M. 2015. Model-model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.
  • Helmiati. 2014. Microteaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja.
  • Iksan, Z.H., Zakaria, E. dan Daud, M.Y. 2014. “Model of Lesson Study Approach During Microteaching”. International Education Studies. Vol. 7 No. 13, 253-260.
  • Molina, R. 2012. “Microteaching Lesson Study: Mentor Interaction Structure and its Relation to Elementary Preservice Mathematics Teacher Knowledge Development" (2012). FIU Electronic Theses and Dissertations. Paper 616.
  • Sato, M. 2013. Mereformasi Sekolah: Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita.
  • Suwarno, dkk. 2006. Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Hasanah, A., Mashuri, M., & Utami, I. W. P. (2018). Pola plan mahasiswa jurusan sejarah Universitas Negeri Malang dalam KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) II berbasis lesson study di Kota Malang. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 69–75.
  • Utami, I. W. P. (2016). A Model of Microteaching Lesson Study Implementation in the Prospective History Teacher Education. Journal of Education and Practice, 7(27), 10–14.