Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C21-BK
Deskripsi:
Konsep tentang hakikat PAUD, tujuan PAUD, sistem pendidikan di PAUD, kurikulum PAUD, hakikat, tujuan, prinsip, fungsi, kegiatan bimbingan dan konseling di PAUD, karakteristik bimbingan dan konseling di PAUD, analisis kebutuhan bimbingan dan konseling di PAUD, sistem pengelolaan BK di PAUD serta pengembangan program BK di PAUD.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tujuan Pendidikan Anak Usia Dini, sistem Pendidikan Anak Usia Dini, kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, hakikat bimbingan dan konseling di PAUD, karakteristik bimbingan dan konseling di PAUD,
  • Mahasiswa dapat menyusun program bimbingan dan konseling di PAUD.
  • Mahasiswa dapat mempraktikkan layanan bimbingan di PAUD, melalui micro teaching/ microguidance.
Daftar Pustaka:
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UPI.
  • Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  • Permendiknas RI No. 58 tahun 2009. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Triyono, 2004. Pintu-pintu Pendidikan Kontekstual Anak Usia Dini. Jakarta: P2KP&KPT Ditjen Dikti.
  • Worthman, S.C. 1994. Early Childhood Currikulum: Developmental Bases for Learning and Teaching: Third Avenue, New York: Macmillan College Publishing Company.