Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-09IA
Deskripsi:
- Evolusi PL, prespektif industri, usia PL, karakteristik PL, komponen dan aplikasi PL, persoalan dan krisis PL, paradigma rekayasa PL (classic, prototyping, spiral, FGT, dan kombinasi); - Matriks PL: pengukuran dan metrik, estimasi, analisis resiko, penjadwalan, pengendalian, metrik berorientasi ukuran dan fungsi, overview faktor kualitas, pengukuran kualitas, pengumpulan metrik, serta komputasi dan evaluasi; - Estimasi manajemen proyek: scope PL, sumber daya (PK, PL, manusia, dan reusability) estimasi proyek PL, teknik dekomposisi (LOC, FO, estimasi upaya), model estimasi empiris (COCOMO, Putnam, function-point), serta tool otomatis untuk estimasi proyek; - Perencanaan manajemen proyek: analisis resiko, penjadwalan, akuisisi PL, PL reengineering, perencanaan organisasional, perencanaan proyek PL; - Rekayasa sistem komputer: sistem berbasis komputer, rekayasa sistem komputer, analisis sistem, pemodelan dan arsitektur sistem, serta spesifikasi sistem; - Dasar-dasar analisis kebutuhan: analis dan tugas-tugas analisis, teknik komunikasi, prinsip-prinsip analisis, prototipe PL, serta spesifikasi PL; - Analisis terstruktur: notasi dasar dan eksistensinya (ekstensi sistem waktu nyata, ekstensi Ward dan Mellor, pemodelan kelaku-an, ekstensi aplikasi berbasis data), prosedur analisis terstruktur, serta kamus kebutuhan; - Analisis dan pemodelan berorientasi objek: konsep dasar, pemodelan analisis berorientasi objek, serta pemodelan data; - Dasar-dasar desain PL: proses desain, dasar-dasar desain, desain moduler, desain data, arsitektur desain, desain prosedural, serta dokumentasi desain; - Desain berorientasi aliran data: desain dan aliran informasi, pertimbangan proses desain, analisis transform, analisis trans-action, pertimbangan heuristik, pasca-proses desain, serta optimasi desain; - Desain berorientasi objek: konsep dasar, metode-metode desain, definisi class dan object, operasi pada objek, antarmuka dan komponen program, notasi, desain detail implementasi, serta strategi desain; - Bahasa pemrograman dan pengkodean: karakteristik bahasa pemrograman, dasar bahasa pemrograman, klasifikasi bahasa pemrograman, gaya pengkodean, serta efisiensi; - Jaminan kualitas PL: kualitas PL dan jaminan kualitas PL, metrik kualitas PL, reliabilitas PL, serta metode jaminan kualitas PL; - Teknik pengujian PL: dasar-dasar pengujian PL, pengujian white box, pengujian berbasis path, pengujian struktur kontrol, serta pengujian black box; - Strategi pengujian PL: metode pengujian PL, unit pengujian, pengujian terpadu, pengujian validasi, serta pengujian sistem; - Pemeliharaan PL: definisi, maintainability, tugas pemeliharaan, pemeliharaan ‘side effects’, pemeliharaan ‘alien code’, reverse engineering, serta re-engineering.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep rekayasa perangkat lunak (PL) yang dapat diaplikasikan dalam daur hidup pengembangan perangkat lunak (PL), yang menitikberatkan pada: manajemen dan proses pengembangan, analisis kebutuhan, desain dan implementasi, pemeliharaan dan pengujian, serta peran CASE tools dalam pengembangan perangkat lunak (PL)
Daftar Pustaka:
  • - Ammann, P., Offutt, J., 2017. Introduction to Software Testing, 2nd ed. Cambridge University Press.
  • - Braude, E.J., Bernstein, M.E., 2016. Software Engineering: Modern Approaches, Second Edition. Waveland Press.
  • - Foster, E., 2014. Software Engineering: A Methodical Approach. Apress.
  • - Pressman, R.S., Maxim, B.R., 2015. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill Education.
  • - Schach, S.R., 2010. Object-Oriented and Classical Software Engineering. McGraw-Hill Education.
  • - Society, I.C., 2014. Guide to the Software Engineering Body of Knowledge ): Version 3. 0. IEEE Computer Society Press.
  • - Sommerville, I., 2016. Software Engineering, Global Edition. Pearson Higher Ed.
  • - Stephens, R., 2015. Beginning Software Engineering. John Wiley & Sons.
  • - Tsui, F., Karam, O., 2010. Essentials of Software Engineering. Jones & Bartlett Publishers.
  • - Wiegers, K., Beatty, J., 2013. Software Requirements, 3rd ed, Developer Best Practices. Microsoft Press.