Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
F4-F4
Deskripsi:
Matakuliah Belajar dan Pembelajaran berisi tentang kajian teori belajar dan pembelajaran, paradigma belajar dan implikasinya dalam pembelajaran, Bagian-bagian (variabel) pembelajaran: kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran, menjadi menjadi titik tolak dalam kajian kelimuan pembelajaran, agar mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Komponen-komponen pokok program pembelajaran berserta perangkat dan prosedur pengembangannya juga menjadi kajian integral dalam matakuliah ini untuk memberikan landasan keilmuan yang kokoh dalam membangun kemampuan profesional sebagai tenaga pendidik yang kreatif-inovatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar (prinsip dan hukum dasar) berdasarkan paradigma terkemuka
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara detail bagian-bagian (ranah) dalam keilmuan pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait
Daftar Pustaka:
  • Arends, R., & Castle, S. (2011). Learning to teach (9th edition). New York: McGraw-Hill.
  • Bruce Joyce, M.; Weil, & E. Calhoun. (2019). Models of Teaching (9th edition). Prentice Hall.
  • Gredler, M. E. (2009). Learning and instruction: Theory into practice. Prentice Hall.
  • Ormrod, J. E. (2017). How we think and learn: Theoretical perspectives and practical implications. Cambridge University Press.
  • Slavin, R. E., & Davis, N. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson