Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk (1) mengkaji paradigma konseling kognitif; dan konsep - konsep dasar, prosedur, teknik-teknik, kelemahan dan kelebihan, dan hasil-hasil penelitian konseling rasional emotif behavior dan konseling kognitif model Beck ; dan (2) merancang pelayanan konseling rasional emotif behavior untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok; dan merancang pelayanan konseling kognitif model Beck untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk (1) mengkaji paradigma konseling kognitif; dan konsep - konsep dasar, prosedur, teknik-teknik, kelemahan dan kelebihan, dan hasil-hasil penelitian konseling rasional emotif behavior dan konseling kognitif model Beck ; dan (2) merancang pelayanan konseling rasional emotif behavior untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok; dan merancang pelayanan konseling kognitif model Beck untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna dalam seting individual dan kelompok.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep dasar, prosedur-prosedur, dan teknik-teknik konseling behavioral dalam setting individual.
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep dasar, prosedur-prosedur, dan teknik-teknik konseling behavioral dalam setting kelompok.
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep dasar, prosedur-prosedur, dan teknik-teknik konseling realitas dalam setting individual.
- Mahasiswa terampil menerapkan konsep-konsep dasar, prosedur-prosedur, dan teknik-teknik konseling realitas dalam setting kelompok.
- Conte, C. 2009. Advanced Techniques for Counseling and Psychotherapy. New York: Springer Publishing Company, LLC.
- Corey, G. 2012. Student Manual forTheory and Practice of Counseling andPsychotherapy.Belmont: Thomson Brooks/Cole.
- Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. Belmont: Thomson Brooks/Cole.
- Corey, G. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Brooks/Cole.
- Fall, K. A. 2013. Group Counseling: Process and Technique. New York: Routledge.
- Glasser, W. 2010. Reality Therapy: A New Approach to Psychiatry (Epub Edition). Canada: HarperCollins.
- Jacobs, E. E., Masson, R. L., Harvill, R. L., & Schimmel, C. J. 2012. Group Counseling: Strategies and Skills. Belmont: Brooks/Cole.
- Miltenberger, R. G. 2017. BehaviorModification. Boston: Cengage Learning.
- Prout, H. T. & Fedewa, A. L. 2015. Counseling and Psychotherapy with Children and Adolescents: Theory and Practice for School and Clinical Settings. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
- Spiegler, M. D. & Guevremont, D. C. 2010. Contemporary Behavior Therapy. Belmont: Cengage Learning.
- Wubbolding, R. E. 2017. Reality Therapy and Self-Evaluation: The Key to Client Change. American Counseling Association.
- Teacher: Lutfi Fauzan