Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Desain Pembelajaran Seni, meliputi: (a) sistem pengajaran dan pengembangan model desain instruksional, meliputi: hakekat sistem instruksional, model desain instruksional, dan pengembangan desain instruksional; (b) hakekat desain pembelajaran meliputi: pengertian desain pembelajaran, prinsip dan prosedur pengembangan desain pembelajaran; (c) prinsip prosedur, dan sistematika pengembangan prota, promes, peta kompetensi, dan silabus; (d) komponen, kriteria, prinsip, prosedur dan sistematika pengembangan RPP dan perangkat pendukungnya; dan (e) praktik menganalisis dan menyusun prota, promes, RPP dan perangkat pendukung RPP untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan, kreasi seni, dan apresiasi atau kritik seni.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mengidentifikasi sistem instruksional dan pengembangan model desain instruksional, meliputi: hakekat sistem pembelajaran, pengertian desain pembelajaran, model desain pembelajaran, dan karakteristik model desain pembelajaran;
  • 2. Menjelaskan hakekat desain pembelajaran seni meliputi:, prinsip dan prosedur pengembangan desain pembelajaran seni;
  • 3. Membedakan prinsip dasar, prosedur, dan sistematika pengembangan peta kompetensi, silabus, prota, dan promes pembelajaran seni
  • 4. Mengembangkan komponen, kriteria, prinsip, prosedur dan sistematika penyusunan desain pembelajaran seni
  • 5. Mengembangkan RPP dan perangkat pendukungnya untuk sekolah Menengah dan/atau Sekolah Kejuruan mencakup materi pengetahuan, kreasi seni/produksi, dan apresiasi/kritik seni.
Daftar Pustaka:
  • Degeng, I Nyoman Sudana. 1990. Disain Pembelajaran: Teori ke terapan. Malang : IKIP PPPT Dick and Carey. 1985. The Systematic Design of Instrukton.USA; Scot Foresman and Company Dirjen Dikmenum. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen Eisner, Eliot W. 1979. The Educational Imagination. New York: Macmillan Publishing Co. Inc. Gafur, Abdul. 1982. Desain Instruksional: Suatu Langkah Sistematis Menyusun Pola Dasar Kegiatan Belajar Mengajar. Solo: Tiga Serangkai Permendikbud tentang kurikulum 2013 tahun 2013 dan 2016 Pophan & Baker. 1982. Bagaimana Merencanakan suatu Program Pengajaran. Yogyakarta : Kanisius Ross, Malcolm. 1978. The Creative Arts. London: Heineman Educational Books Soehardjo, A.J. 1993. Model-Model Pengajaran Keterampilan Kerajinan. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti, PPLPTK Soehardjo, A.J. 2011. Pendidikan Seni :Strategi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Malang : Bayu Media Publishing Wickiser, Ralph L. 1974. Menuju Ke Pendidikan Seni. (terjemahan A.J. Soehardjo). Malang: IKIP PPPT