Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Teori dan konsep perkembangan hewan; hubungan embriologi dengan ilmu-ilmu lainnya. Gametogenesis:spermatogenesis; oogenesis; macam-macam tipe telur; siklus reproduksi dan gangguannya terhadap kesehatan reproduksi. Fertilisasi: syarat-syarat dan mekanisme fertilisasi; partenogenesis; kembar. Segmentasi dan blastulasi: tipetipe pembelahan; mekanisme pembelahan zigot beberapa vertebrata; pembentukan blastula; tipe-tipe blastula. Gastrulasi: tujuan dan proses gastrulasi. Neurulasi: tujuan; proses neurulasi; differensiasi. Selaput ekstraembrio: fungsi; proses pembentukan selaput ekstraembrio. Implantasi dan plasentasi: pengertian; proses implantasi; tipe-tipe implantasi; fungsi plasenta; tipe-tipe plasenta; proses pembentukan plasenta. Organogenesis: induksi embrionik; proses pembentukan organorgan derivat ektoderm, mesoderm dan endoderm. Konsep kelainan perkembangan yang berhubungan dengan kesehatan: macam-macam kelainan perkembangan dan faktor-faktor penyebabnya. Metamorfosis: pengertian stadium larva; proses metamorfosis pada amphibia. Regenerasi: macam-macam regenerasi; mekanisme proses regenerasi; faktor-faktor pemicu regenerasi.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan
  • Mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK
  • Mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK
  • Mahasiswa bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kerja penelitian dalam kajian Perkembangan Hewan berbasis kesehatan
  • Mahasiswa bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kerja penelitian dalam kajian Perkembangan Hewan berbasis kesehatan
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan
  • Mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK
  • Mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian Perkembangan Hewan untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK
  • Mahasiswa bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kerja penelitian dalam kajian Perkembangan Hewan berbasis kesehatan
  • Mahasiswa bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kerja penelitian dalam kajian Perkembangan Hewan berbasis kesehatan
Daftar Pustaka:
  • Carlson, B.M. 2009. Human Embryology And Developmental Biology. Ed. 4. Mosby Elsevierl
  • Gilbert, S.F. 2010. Developmental Biology. Ed. 8, Sunderland: Sinauer
  • Mitchell, B., Sharma, R. 2012. Embryology. Ed.2. China. Churchill Livingstone Elsevier
  • Surjono, T.W. 2001. Perkembangan Hewan. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
  • Schoenwolf, G.C. 2009. Laboratory Studies of Vertebrate and Invertebrate Embryos: Guide and Atlas of Descriptive and Experimental Development. Ed.9. Pearson
  • Wolpert, L., Tickle, C. 2010. Principles of Development. Ed.4. New York. Oxford