Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
O2-O2
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup konsep, taksonomi, data, teknologi, pemikiran spasial untuk pengembangan ketrampilan spasial baik soft skill maupun hardskill dalam pembelajaran geografi baik dengan menggunakan data dan teknologi geospatial secara online maupun tatap muka untuk memecahkan permasalahan spasial dengan pendekatan dan pemikiran spasial. Matakuliah ini bertujuan untuk membentuk karakter pembelajaran geografi yang dicirikan dengan pendekatan spasial, lingkungan dan kompleks wilayah dalam konteks keruangan secara indoor maupun otudoor.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep spasial, taxonominya, dan kedudukannya dalam pembelajaran geografi
  • Mampu menelaah pemanfataan data dan teknologi geospatial dalam pembelajaran geografi
  • Mampu membaca, menganalisis dan menginterpretasi data spasial
  • Mampu menyusun pertanyaan spatial
  • Mampu merangcang perangkat pembelajaran geografi berbasis spasial
  • Mampu menerapkan perangkat dalam pembelajaran geografi
  • Mampu megevaluasi data dan teknologi geospatial dalam pemanfaataanya di pembelajaran
  • Mampu mengevaluasi data dan teknologi geospatial dalam pemanfaataanya di pembelajaran
Daftar Pustaka:
  • Yunus, Hadi Sabari., 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Gersmehl, Phil., 2014. Teaching Geography Third Edition. New York: Guilford Press.
  • Clare Brooks, Graham Butt, Mary Fargher. 2017. The Power of Geographical Thinking. Nederland: Springer International Publishing.
  • Osvaldo Muñiz Solari · Ali Demirci Joop van der Schee, 2015. Geospatial Technologies and Geography Education in a Changing World. Japan: Springer.
  • Huynh, Niem Tu, 2009. "The Role of Geospatial Thinking and Geographic Skills in Effective Problem Solving with GIS: K-16 Education".Theses and Dissertations (Comprehensive). Paper 1078.