Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A20-A20
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, menjunjung tinggi nilai kemanuisaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini memiliki nuansa kecakapan hidup dimana proses perkuliahan mengutamakan praktik berbasis masalah yang mengarah pada realisasi layanan prima kantor. Matakuliah ini membahas konsep dasar manajemen layanan prima kantor, pengelolaan sistem layanan prima, serta problematika dalam etika pelayanan prima.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar manajemen layanan prima.
  • Merumuskan etika dan etiket pelayanan prima.
  • Merancang sistem manajemen layanan prima organisasi
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Gunawan, I. & Benty, D.D.N. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta
  • Zulkarnain, W. & Sumarsono, R.B. 2018. Layanan Prima. Diktat Matkul Manajemen Perkantoran
  • Zulkarnain, W. & Sumarsono, R.B. 2016. Manajemen Perkantoran Profesional. Malang: Bookmart
  • Semil, N. 2018. Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Depok: Predanamedia Group
  • Prihartono. 2012. Manajemen Pelayanan Prima: Dilengkapi dengan Etika Profesi untuk Kinerja Kantor. Yogyakarta: Andi Offset
  • Oetomo, I. 2007. Ethics @ Work: Pintar Membawa Diri dalam Segala Situasi. Yogyakarta: Andi Offset
  • Endang, S.R. & Mulyani, S. 2015. Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
  • Bagyono. 2013. Menangani Konflik Konsumen. Jakarta: Erlangga
  • Daryanto & Setyabudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
  • Fatimah, E.N. dkk. 2015. Strategi Pintar Menyusun SOP. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  • Wursanto, Ig. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset
  • Rahmayanty, N. 2013. Manajemen Pelayanan Prima: Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality. Yogyakarta: Graha Ilmu
  • Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  • Priansa, D.J. 2017. Manajemen Pelayanan Prima: Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur. Bandung: Alfabeta