Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A22-A22
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam bidang manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang perencanaan dan pengadaan sarana prasarana, pengorganisasian dan pengurusan (penerimaan, penyimpanan, penggunaan/penyaluran dan pendistribusian) sarana prasarana, pemeliharaan, pengawasan, penilaian serta penghapusan sarana prasarana. Matakuliah ini juga membahas tentang praktik mengelola seluruh siklus hidup (desain, konstruksi, komisioning, operasi, pemeliharaan, perbaikan, modifikasi, mengganti dan dekomisioning) dari aset fisik dan infrastruktur seperti struktur, produksi dan pembangkit layanan, listrik, air dan pengolahan limbah fasilitas, jaringan distribusi, sistem transportasi, bangunan dan aset fisik lainnya.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep manajemen sarana dan parasana, misalnya pengertian, tujuan, manfaat dan prinsip-prinisp manajemen sarana dan perasana, standar sarana dan prasarana yang ideal di sekolah,
  • Memahami konsep tentang proses manajemen sarana dan prasarana di sekolah, seperti pengertian-pengertian perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah.
  • Memahami dan terampil dalam melakukan manajerial sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, misalnya bagaimana melakukan analisis skala prioritas dan urgensi dalam rangka perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, bagaimana melakukan pengadaan sarana dab prasarana pendidikan di sekolah, bagaimana melakukan invetarisasi sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, bagaimana melakukan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, bagaimana melakukan perhitungan nilai asset sarana dan prasarana pendidikan untuk dijadikan pertimbangan penting pengambilan keputusan dalam maksimalisasi pemanfaatannya selanjutnya
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Nurabadi, Ahmad. 2014. Manajemen Sarana & Prasarana Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015