Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A20-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk mempelajari konsep dasar manajemen kepelatihan dalam BK; tujuan dan fungsi, ragam model kegiatan kepelatihan misalnya pelatihan konseling kelompok untuk pengembangan keterampilan penyelesaian problematik siswa, pelatihan bimbingan karier, pelatihan cara belajar efektif, dan sebagainya; prosedur pengembangan dan pengelolaan kegiatan kepelatihan dalam BK; strategi penyusunan rencana kepelatihan termasuk identifikasi fasilitas (sarana prasarana) dan pembiayaan kepelatihan, penyusunan rencana, pengelolaan, dan penyelenggaraan kepelatihan dalam BK.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan fungsi dan komponen program kepelatihan dalam BK
  • Mahasiswa mampu mendesain kegiatan kepelatihan berdasarkan analisis kebutuhan siswa
  • Mahasiswa mampu melakukan pemilihan, pengorganisasian dan pengelolaan kegiatan kepelatihan dalam BK
Daftar Pustaka:
  • Depdikbud. (2016). Panduan OperasionalPenyelenggaraan BK di SMP
  • Depdikbud. (2016). Panduan OperasionalPenyelenggaraan BK di SMA
  • Depdikbud. (2016). Panduan OperasionalPenyelenggaraan BK di SMK
  • Mujimin, H. (2010). ManajemenPelatihanBerbasisBelajarMandiri. Yogyakarta: PustakaPelajar
  • Widoyoko, E.P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: PustakaPelajar
  • Sijde, Peter Van Der, Ridder, Annemarie., Blaauw, Gerben., Diensberg, Christoph. 2008. Teaching Entrepreneurship; Cases for Education and Training. Heiderberg: Physica-Verlag.
  • Wood, Ernest E.,. 1974. Mind and Memory Training. Norwich Great Britain: Theosophical Publishing House.
  • Marshall Goldsmith and Louis Carter. 2009. Talent Management; How The World’s Leading coporations Manage, Develop, and Retain Top Talent. A Publication of The Best Practice Institute.