Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B21-B21
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Materi kuliah memuat hakikat, pengertian, metode analiisis data kualitatif, dan macam-macam analisis data kualitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai cara penggunaaan berbagai teknik pengumpulan data kualitatif
  • Menguasai teknik pengolahan data kualitatif
  • Menguasai proses analisis data melalui proses penelusuran catatan lapangan, transkrip wawancara, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, serta membuat kesimpulan, sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain
  • Menguasai teknik pemaparan data dan penarikan simpulan data dan temuan penelitian kualitatif
  • Menguasai kemajuan teknologi informasi untuk efisiensi dan efektivitas analisis data kualitatif
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Creswell, J. W., & Poth, C. N. 2017. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.
  • Fisher, M. 2017. Qualitative Computing: Using Software for Qualitative Data Analysis. London: Routledge Taylor & Francis.
  • Johnson, B. dan Christensen, L. 2004. Educational Research. Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Merriam, S. B.1998. Qualitative Research and Case Study Aplications for Education. San Fransisco: John Wiley and Sons, Inc.
  • Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J.2014. Qualitative Data Analysis. Third Edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
  • Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. 2017. A Framework for Using Qualitative Comparative Analysis for the Review of the Literature. The Qualitative Report, 22(2), 359-372.
  • Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke 3. Malang: Bayumedia Publishing.
  • Yin,R.K. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode (Penerjemah M.Djauzi Mudzakir). Jakarta: Rajawali Pers.
  • Aziz, A. 2007. Memahami Fenomena Sosial Melalui Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  • Berg, B.L. 2004. Qualitative Research Methods for The Social Sciences. Fifth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.