Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C21-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Sumber Belajar merupakan matakuliah teori dan praktik yang dapat dijadikan mahasiswa dalam mengimplementasikan Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam upaya merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung. Desain dan Pengembangan Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan memberikan landasan bagaimana melakukan Assessing/ Evaluasi, Praktik Kolaboratif, melakukan praktik profesional dan Kepemimpinan yang berlandaskan Kode Etik profesi Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menerapkan konsep dan prinsip evaluasi program dalam mengukur dan menilai efektivitas dan efisiensi penerapan kajian teknologi pendidikan
  • Mampu merancang prosedur evaluasi program dan proyek beserta instrumen evaluasi berdasarkan pendekatan penggunaan perangkat berbasis TIK
  • Mampu melaksanakan prosedur evaluasi program dan proyek dengan menggunakan model evaluasi program
  • Mampu melaporkan hasil evaluasi program dan proyek secara sistematis dan komprehensif terkait pelaksanaan kajian teknologi pendidikan dalam lingkungan belajar
Daftar Pustaka:
  • Arikunto, S. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: DITJENDIKTI, DEPDIKBUD
  • Beauchamp, G. A. 1975. Curriculum Theory. Wilmette Illinois: Kegg Press.Cronbach, L. E. 1983. Designing Evaluating of Educational and Social Program. San Francisco: Jossey Bass.
  • Flagg, B.N. 1990. Formative Evaluation for Educational Technology. Lawrence Erlbaum Associated, Publishers
  • Stake, R. E. & Easley, J.A. 1978. Case Studies in Science Education: Boolet O, Overview. Illinois: University of Illinois at Urbana-Champaign, Center for Instructional Research and Curriculum Evaluation Committe on Culture and Cognition.
  • The Joint Committee on Standards for Educational Evaluation, 1981. Standards for Evaluations of Educational Programs, Projects, and Materials. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Wiles, J & Bondi, J. 1989. Curriculum Development: A Guide to Practice. London: Merrill Publishing Co.Zais, R. S. 1976. Curriculum; Priciples and Foundations. New York: Thomas Y. Crowell