Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
MM3-MM3
Deskripsi:
Mata kuliah ini tergolong mata kuliah intregratif, karena karakter materinya merupakan penggabungan kemampuan penguasaan materi kuliah sebelumnya untuk diterapkan dalam satu bidang keahlian tertentu yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan. Perkuliahan ini secara umum membahas berbagai tahapan dan aspek dalam studi kelayakan bisnis, serta menganalisis kelayakan suatu rencana bisnis dilihat dari berbagai aspek antara lain: aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek manajemen, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial dan politik, aspek hukum dan lingkungan hidup, dan mengevaluasi layak atau tidaknya suatu rencana bisnis berdasarkan kreteria tertentu yang ditetapkan.
Capaian Pembelajaran
  • Dapat membedakan berbagai jenis bisnis yang memerlukan studi kelayakan
  • Mengkaji kelayakan rencana bisnis dari aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan  
  • Dapat merancang studi kelayakan bisnis berdasarkan aspek-aspek aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis , Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan.
  • Dapat menyusun proposal kelayakan bisnis dari analisis yang dipakai.
  • Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup studi kelayakan bisnis
Daftar Pustaka:
  • Agung Winarno (2005) Diktat bahan ajar Studi Kelayakan Bisnis
  • 1. Suharto, Iman (1995), Manajemen Proyek dari konseptual sampaioperasional, Jakarta, Erlangga 2. Umar, Husein (2001)Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama 3. H.M Jacob Ibrahim. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 4. Kasmir, Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 5. Rangkuti, Fredy. 2003. Business Plan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada 6. Suliyanto. 2009. Studi Kelayakan Bismis. Edisi 2, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.