Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C21-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk mengenali konsep kesehatan mental, karakteristik pribadi sehat dan pribadi tidak sehat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, dan strategi mengelola stress dan frustasi sertapenanganan masalah kesehatan mental dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dalam layanan bimbingan dan konseling.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengeksplorasi secara sistematis konsep-konsep dasar tentang kesehatan mental,
  • Mahasiswa mampu mengeksplorasi ciri-ciri pribadi sehat dan pribadi tidak sehat
  • Mahasiswa dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental,
  • Mahasiswa dapat menelaah dan menganalisis bentuk-bentuk gangguan kepribadian,
  • Mahasiswa dapat menganalisis mekanisme pertahanan diri,
  • Mahasiswa dapat menemukan solusi strategi mengelola stress dan frustasi
  • Mahasiswa dapat mengeksplorasi penyimpangan kesehatan mental
  • Mahasiswa dapat mengeksporasi reaksi psikologis pada situasi yang merugikan,
  • Mahasiswa dapat menemukan solusi dalam memajukan layanan kesehatan mental di sekolah
  • Mahasiswa dapat mengimplementasikan program BK sesuai kaidah kesehatan mental
Daftar Pustaka:
  • Radjah, L. C., & Setyowati, J.A. 2015. Kesehatan Mental. Malang: FIP UM.
  • Eshun, Sussie., Gurung, Regan A.R. 2009. Culture and Mental Health: Sociocultural Influences, Theory, and Practice. New Jersey: Wiley-Blackwell
  • Halgin, P.R., Whitbourne, K.S. 2010. Psikologi Abnormal: Perspektif Klinis Pada Gangguan Psikologis. Alih Bahasa Tsuyan’ni, A, dkk. Jakarta: Salemba Humanika.
  • Atkinson, M. Hornby, 2005. G. Mental Health Handbook for School. New York: Taylor and francis e-Library.
  • Isham, J.G 2010.Provision of Mental Health Counseling Services Under Tricare. Washington D.D: The National Academies Press
  • Carter, Rosalynn. 2005. Promoting mental health: concepts, emerging evidence, practice : report of the World Health Organization. Melbourne: Department of Mental Health and Substance Abuse in collaboration with the Victorian Health Promotion Foundation and the University of Melbourne