Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas wawasan teoritik dan kontekstual tentang perkembangan peserta didik dari segi teori perkembangan; aspek-aspek perkembangan (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual), tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan; karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK), serta memfasilitasi pengembangan kemampuan melakukan asesmen pemahaman individu peserta didik dari segi teoretik dan praktikdiagnosis perkembangan peserta didik serta solusi masalah perkembangan peserta didik. Secara rinci, materi matakuliah ini meliputi hakikat perkembangan peserta didik dan perspektif jangka hidup manusia; hakikat pertumbuhan dan perkembangan; isu-isu dan faktor-faktor perkembangan; prinsip dan hukum perkembangan; tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik; teori perkembangan (psikoanalitik, behavioristik, kognitif); aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual); karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) dari segi fisik-psikomotorik, sosial-emosional, dan kognitif; asesmen pemahaman individu peserta didik (teknik tes dan non tes); analisis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik; serta peran guru/pendidik dalam intervensi perkembangan.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pendidikan anak berkebutuhan khusus,
  • 2. Mahasiswa mampu menjelaskan keragaman anak berkebutuhan khusus beserta karakteristiknya,
  • Mahasiswa mampu menjelaskan keragaman layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus;
  • Mahasiswa mampu menjelaskanhakekat, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, serta etika penanganan anak berkebutuhan khusus.
Daftar Pustaka:
  • Kaufaman & Hallahan, 2018. Special Eduaction: What It Is and Why We Need It. UK: Taylor & Francis Group