Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
DD-DD
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas: Konsep dasar bahan ajar dan media pembelajaran, karakteristik bahan ajar dan media pembelajaran, jenis-jenis bahan ajar dan media pembelajaran, fungsi bahan ajar dan media pembelajaran, keunggulan dan keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran, analisis kurikulum Ekonomi SMA (meliputi: analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, perumusan tujuan dan indikator pembelajaran), analisis instruksional (meliputi: pengertian, struktur perilaku, identifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa), dan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran ekonomi. Setelah mempelajari materi-materi tersebut, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar berbentuk modul untuk matapelajaran Ekonomi SMA dan media pembelajaran ekonomi yang berbasis pada perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
DD-DD
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas: Konsep dasar bahan ajar dan media pembelajaran, karakteristik bahan ajar dan media pembelajaran, jenis-jenis bahan ajar dan media pembelajaran, fungsi bahan ajar dan media pembelajaran, keunggulan dan keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran, analisis kurikulum Ekonomi SMA (meliputi: analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, perumusan tujuan dan indikator pembelajaran), analisis instruksional (meliputi: pengertian, struktur perilaku, identifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa), dan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran ekonomi. Setelah mempelajari materi-materi tersebut, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar berbentuk modul untuk matapelajaran Ekonomi SMA dan media pembelajaran ekonomi yang berbasis pada perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Capaian Pembelajaran
- 1. Mahasiswa mampu memahami dan terampil dalam mengaplikasikan konsep dasar, prinsip, prosedur pengembangan bahan & media pembelajaran Ekonomi
- 2. Mahasiswa mampu memahami dan terampil dalam menganalisis kurikulum Ekonomi SMA, baik secara sendiri maupun bersama-sama/ terintegrasi dengan tepat
- 3. Mahasiswa mampu mengembangkan bahan dan media pembelajaran ekonomi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- 1. Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
- 2. Permendikbud No.20, 21, 22, 23, 24 Tahun 2016
- 3. Setyosari, P., Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas
- 4. Sharon, E. Smaldino, dkk, (2008) “Instructional Technology and Media for Learning”, Ninth Edition, Pearson/Prentice Hall, New Jersey, USA
- 9. Internet
- 5. Heinich, R.,dkk (2001) Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition). Prentice Hall, New Jersey, USA
- 6. Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran
- 7. Soekartawi. 2007. Merancang dan Menyelenggarakan E-Learning. Yogyakarta: Ardana Media
- 8. Murtiyasa, B., 2006, Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Surakarta : MUP
- Teacher: Ni`matul Istiqomah