Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B22-TEP
Deskripsi:
Matakuliah media pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan media dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola media pembelajaran dengan efektif. Media pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis online sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran
  • Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek pembelajaran berbasis online untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.
  • Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.
  • Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi pembelajaran berbasis online.
Daftar Pustaka:
  • Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.
  • Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology..
  • Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.