Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A3B-A3B
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai teknologi dalam bidang manajemen pendidikan; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (3) Keterampilan khusus, mampu menerapkan nilai-nilai, norma, perilaku, dan etika terutama dalam profesi manajemen pendidikan; (4) Keterampilan Umum, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang dasar-dasar teori manajemen Pendidikan terdiri atas: (1) sejarah perkembangan teori manajemen pendidikan, konsep, asumsi, prinsip dan kebenaran dalam ruang lingkup teori dan praktik manajemen Pendidikan, (2) persoalan dan pemecahan masalah tentang gugusan proses, substansi, dan perilaku organisasi manajemen dalam perspektif mikro persekolahan, dan (3) persoalan dan pemecahan masalah tentang gugusan proses, substansi, dan perilaku organisasi manajemen dalam perspektif makro pendidikan nasional dan internasional..
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai hakikat filsafat, aliran-aliran dalam filsafat, metode pembahasan filsafat, logika/pikir dan filsafat, positivisme, instrumentalisme, epistimologi evolusioner, ilmu, holisme, individualisme, dan obyektivisme.
  • Terampil meganalisis dasar-dasar ilmu, tinjauan filosofis manajemen pendidikan, manajemen sebagai proses dan substansi, manajemen sebagai proses kausalitas, dan implementasi pandangan filosofis dalam manajemen pendidikan.
  • Merefleksi dan mengabtraksi aktivitas mind dan action filosofis dalam aplikasi teori manajemen pendidikan.
  • Menguasai wawasan tentang sejarah perkembangan teori manajemen pendidikan
  • Menguasai tentang konsep, asumsi, prinsip dan kebenaran dalam ruang lingkup teori dan praktik manajemen pendidikan
  • Terampil mengidentifikasi persoalan dan pemecahan masalah tentang gugusan proses, substansi, dan perilaku organisasi manajemen dalam perspektif mikro persekolahan
  • Bersikap kritis terhadap persoalan dan pemecahan masalah tentang gugusan proses, substansi, dan perilaku organisasi manajemen dalam perspektif makro pendidikan nasional dan internasional.
Daftar Pustaka:
  • Ali, Ibrahim A., & Abdalla, Mazin S. (2017). Educational management, educational administration and educational leadership: Definitions and general concepts. SAS Journal of Medicine (SASJM), 3(12), 326-329.
  • Caldwell, Brian, J. (2005). School-based management. Paris: UNESCO.
  • Deming, W. E. (2000). The new economics: For industry, government, education (2nd edition). MIT Press.
  • Dessler, Gari. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat. Donnelly, V.J., Óskarsdóttir, E., & Watkins, A. (Eds.). (2017). European agency for special needs and inclusive education. Decentralisation in education systems – seminar report. Denmark: Odense.
  • Drucker, P. F. (2019). Management cases. HarperCollins e-Book.
  • Engkoswara., & Komariah, Aan. (2010). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  • Fayol, Henri. (2016). General and industrial management. Ravenio Books.
  • Hargreaves, D., & Hopkins, D. (1991). The empowered school: The management and practice of school development planning. London: Cassell.
  • Robbins, Stephen P., & Coulter, Mary. (2014). Management. United States of America: Pearson Education.
  • Sallis, Edward. (2005). Total quality management in education. London: Kogan Page Ltd.
  • Sergiovanni TJ, Burlingame M, Coombs FD, Thurston PW. (1980). Educational governance and administration. Englewood Cliffs, NJ: PrenticeHall.
  • Taylor, F. W. (2018). The principles of scientific management. Project Gutenberg.
  • Yukl, G., Mahsud, R., Prussia, G., &Hassan, S. (2019). Effectiveness of broad and specific