Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PP3-PP3
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang kurikulum dan model pembelajaran Geografi yang berkaitan dengan analisis terhadap pengembangan dan implementasi kurikulum yang sedang berlaku saat ini juga sebelumnya. Perbandingan kurikulum Geografi dikaji baik antar kurikulum dari waktu ke waktu maupun antar-negara. Inovasi kurikulum Geografi menjadi kajian dalam perkuliahan ini untuk membangun innovativeness mahasiswa berkaitan dengan relevansi kebutuhan masyarakat lokal, nasional maupun dengan kehidupan global dan kemajuan teknologi yang memberikan konsekuensi terhadap kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki tidak hanya kompetensi-kompetensi yang berorientasi kepada kehidupan masyarakat sekitarnya saja tetapi juga dengan kehidupan yang lebih luas.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi secara kritis berkaitan dengan pengembangan serta implementasi kurikulum Geografi dan melakukan inovasi kurikulum dan pembelajaran Geografi.
Daftar Pustaka:
  • Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media
  • Hamalik, Oemar, 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
  • Hidayati, Abna. 2017. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Kencana
  • Majid Abdul. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
  • Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014).
  • Nasution, S. 2001. Asas-Asas Kurikulum. Bumi Aksara.
  • Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
  • Syaodih, Nana. 2013. Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Refika Aditama.
  • Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Geografi.