Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup kajian tentang hakekat strategi pembelajaran, landasan pembelajaran, paradigma pembelajaran, model, metode mengajar, dan berbagai keterampilan dasar mengajar untuk pendidikan menengah (SMA/MA).
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami konsep, prinsip, perkembangan, komponen strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam bidang studi geografi.
  • Merancang strategi pembelajaran berbasis pendekatan pembelajaran aktif, konstruktif, kontektual dan saintifik untuk pendidikan jenjang sekolah menengah atas. Menumbuhkan sikap kolaboratif, inovatif, dan kreatif dalam pengembangan strategi pembelajaran.
  • Menghargai karya-karya strategi pembelajaran secara umum maupun khusu dalam pembelajaran geografi.
Daftar Pustaka:
  • Purwanto.Edy. 2005. Strategi Belajar Mengajar Geografi, : Malang, UM Press.
  • Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company.
  • Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.
  • Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  • Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
  • Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Zaini, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Center for Teaching Staff Development, Yogyakarta.