Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A22-A22
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang model dasar, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam manajemen pendidikan; (2) Sikap, menjunjung tinggi nilai kemanuisaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini memiliki nuansa kecakapan hidup dimana proses perkuliahan mengutamakan praktik berbasis masalah yang mengarah pada realisasi pekerjaan kantor. Matakuliah ini membahas konsep organisasi dan dimensi administrasi perkantoran, komunikasi dan etika perkantoran, tata ruang kantor, serta problematika manajemen perkantoran.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar manajemen perkantoran.
  • Menerapkan etika dan etiket perkantoran.
  • Mempraktikkan pelayanan prima di kantor.
  • Mampu menyusun layout atau tata ruang kantor
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Gunawan, I. & Benty, D.D.N. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
  • Zulkarnain, W. & Sumarsono, R.B. 2018. Layanan Prima. Diktat Matkul Manajemen Perkantoran
  • Wursanto, Ig. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset
  • Prihartono. 2012. Manajemen Pelayanan Prima: Dilengkapi dengan Etika Profesi untuk Kinerja Kantor. Yogyakarta: Andi Offset.
  • Oetomo, I. 2007. Ethics @ Work: Pintar Membawa Diri dalam Segala Situasi. Yogyakarta: Andi Offset
  • Fatimah, E.N. dkk. 2015. Strategi Pintar Menyusun SOP. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  • Endang, S.R. & Mulyani, S. 2015. Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
  • Marsum, H.WA. 2006. Etiket & Courtesy. Yogyakarta: Andi Offset
  • Bagyono. 2013. Menangani Konflik Konsumen. Jakarta: Erlangga
  • Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  • Rahmayanty, N. 2013. Manajemen Pelayanan Prima: Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality. Yogyakarta: Graha Ilmu
  • Priansa, D.J. 2017. Manajemen Pelayanan Prima: Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur. Bandung: Alfabeta