Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
O-O
Deskripsi:
Pengantar : 1. Analisa error akibat pembulatan dan pemotongan dalam penyimpanan dan pengolahan data. Bilangan: 1. Pengenalan karakter bilangan desimal, biner, dan floating-point. Interpolasi: 1. Difirensiasi Terbagi Newton, 2. Lagrange. Integrasi: 1. Equally Spaced Based, 2. Newton Cotes, 3. Repeated interval Halving, 4. Romberg Integration, 5. Unequally Spaced Base, 6. Gaussian Quadrature. Diferensiasi: 1. Numerical Differentiation. Pencari Akar: 1. Newton, 2. Regula Falsi. Matrik: 1. Notasi, 2. Vektor, 3. Transformasi Linear, 4. Simetri dan Hermitian, 5. Metode Jacobi. Sistem Persamaan Linear: 1. Transformasi Matrik Elementer, 2. Eliminasi Gauss, 3. Gauss-Jordan, 4. Gauss-Seidel. Solusi Persamaan Differensial: 1. Pendekatan Taylor 2. Metode Euler, 3. Metode Runge-Kutta 4. Persamaan Diferensial Biasa Simultan.
Capaian Pembelajaran
  • Peserta menunjukkan penguasaan Konsep Bilangan.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Interpolasi, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Integrasi, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Diferensiasi, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Pencarian Akar, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Matrik, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Sistem Persamaan Linier, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan terhadap metode komputasi Penentuan Solusi Persamaan Diferensial, kemampuan menerapkannya untuk menghasilkan model matematis bagi suatu sistem fisis, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan solusi dari model yang dihasilkan untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
Daftar Pustaka:
  • Brice Carnahan, H.A. Luther, James O. Wilkes. Applied Numerical Methods. Wiley. New York
  • Brice Carnahan, H.A. Luther, James O. Wilkes. Applied Numerical Methods. Wiley. New York