Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-TEP
Deskripsi:
Matakuliah media pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan Multimedia Interaktif dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola Multimedia Interaktif dalam pembelajaran dengan efektif. Media pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan Multimedia Interaktif, pemanfaatan Multimedia Interaktif, Pengelolaan Multimedia Interaktif, Assessing/ Evaluasi terhadap Multimedia Interaktif, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dan teori belajar dengan memanfaatkan media interaktif dan adaptif.
  • Mampu memadukan berbagai macam media dalam rangka mendesain media interaktif dan adaptif.
  • Mampu mengembangkan media interaktif dan adaptif berdasarkan prinsip desain berbasis riset yang sudah ada.
Daftar Pustaka:
  • Alessi, S. M., Trollip, S. R., & Alessi, S. M. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed). Boston: Allyn and Bacon.
  • Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). Dubuque, Iowa: McGraw-Hill.
  • Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. Hershey, PA: Information Science Reference.
  • Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed). Cambridge ; New York: Cambridge University Press.
  • Smaldino, S. E. (Ed.). (2005). Instructional technology and media for learning (8th ed). Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill/Prentice Hall.