Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
F-F22
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan bekal pemahaman tentang konsep dasar kurikulum, komponen kurikulum dan pengembangan silabus, tahapan dari pengembangan kurikulum pendidikan jasmani, jenis –jenis kurikulum yang ada di Indonesia serta mampu mendesain dan menerapkan rancangan pembelajaran berupa Program tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP pembelajaran pendidikan jasmani
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami hakikat dan konsep dasar kurikulum pendidikan Jasmani
  • Mampu mendesain dan menerapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan tuntunan kurikulum yang ada
Daftar Pustaka:
  • Wasis D. D. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga . Malang: Wineka Media
  • Nasional, D. P. (2013). Kurikulum 2013. Direktorat Jendral Manajemen Pendidkan Dasar dan Menengah Pembinaan TK SD.
  • Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  • Suherman, W. S. (2001). Pengembangan kurikulum pendidikan jasmani. Yogyakarta: Fik Uny.
  • Kebudayaan, K. P. D. (2012). Pengembangan kurikulum 2013.
  • Metzler, M., 2017. Instructional models in physical education. Routledge.
  • D'Elia, F., Mazzeo, F. and Raiola, G., 2018. The core curriculum in the university training of the teacher of physical education in Italy.
  • Osipov, A., Vonog, V., Prokhorova, O. and Zhavner, T., 2016. Student learning in physical education in Russia (problems and development perspectives). Journal of Physical Education and Sport, 16, p.688.
  • MacLean, J., Mulholland, R., Gray, S. and Horrell, A., 2015. Enabling curriculum change in physical education: The interplay between policy constructors and practitioners. Physical Education and Sport Pedagogy, 20(1), pp.79-96.
  • Blyth, W.A.L., 2017. Development, Experience and Curriculum in Primary Education (1984). Routledge