Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PR-PR
Deskripsi:

 Perkuliahan ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang hakikat bimbingan dan konseling untuk anak usia dini yang meliputi pengertian, tujuan, karakteristik dan urgensi/pentingnya bimbingan utk Aud; Jenis dan karakteristik bimbingan di TK/lembaga PAUD; Pendekatan dalam pelaksanaan bimbingan di Paud; Program dan bentuk layanan dasar  bimbingan utk Aud, menganalisis hasil layanan bimbingan serta layanan evaluasi dan tindaklanjut serta pelaporan program bimbinganAud; Peran guru sbg pembimbing AUD; mengelolaa program bimbingan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan bimbingan dan konseling AUD. Rp


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai hakikat bimbingan dan konseling untuk Anak usia dini

  • Mahasiswa menguasai pendekatan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di Paud

  • Mahasiswa menguasai Jenis program dan bentuk layanan dasar bimbingan dan konseling di Paud

  • Mahasiswa mampu menerapkan teori, kaidah, dan prinsip-prinsip dalam praktik
                          bimbingan di sekolah/lembaga Paud

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Seefeldt C dan Nita B. 2004. Early Childhood Education. New York: Macmillan

  • Syaodih, E, Agustin, M. 2012. Bimbingan Konseling untuk Anak UsiaDini. Jakarta. Universitas Terbuka

  • Syaodih, E. 2010. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas

  • Susanto, A. 2015. Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Prenada Media Group

  • Margery & Neely. 2002. Counselling and Guidance Practices with Special Education Student. Homewood. The Dorsey Press.