Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
D21-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Lingkungan Belajar merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mengelola berbagai sumber belajar dengan konteks konten pedagogy melalui pengembangan diri sehingga mahasiswa memiliki bekal menjadi praktisi yang mampu menunjukkan pengelolaan pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dari berbagai sumber-sumber belajar kekinian dan mutakhir (unsur SCPL 2). Pengelolaan berbagai sumber belajar dilakukan melalui proses pengelolaan dengan mempertimbangkan keragaman pebelajar dan kode etik Teknologi Pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam keilmuan pengelolaan sumber belajar.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu melakukan pengelolaan sumber belajar dan melakukan penguatan mengelola konten pedagogi sebagai upaya peningkatan pembelajaran dan kinerja, menerapkan teknologi dan proses, studi dan penilaian belajar dan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu mengkonstruksi sikap dalam menghargai keilmuan pengelolaan sumber belajar, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan keragaman pebelajar dan lingkungan yang multikultural
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer