Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
ALA-ALA
Deskripsi:
Materi pembelajaran meliputi (1) hakikat Pembelajaran Bahasa Arab untuk anak, (2) tujuan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak, (3) jenis-jenis strategi pembelajaran, meliputi: (a)berbagai jenis strategi pembelajaran dengan memanfaatkan strategi belajar model Oxford yang meliputi: strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif dan sosial,dan penerapannya pada pembelajaran ALA, (b) strategi pemerolehan meliputi teknik bermain, menyanyi, dan bercerita; (c) strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan saintifik, meliputi model pembelajaran koperatif, modeling, inquiri, berbasis masalah, berbasis projek.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat pembelajaran dan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak, mengidentifikasi dan memilih berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak (ALA) dan dapat menerapkannya dalam proses belajar mengajar serta dapat memecahkan permasalahan terkait strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak.
Daftar Pustaka:
  • Effendy, Ahmad Fuad. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat.
  • 2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014:MatapelajaranBahasa Arab SMA/SMK. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik.
  • 3. Nurhadi, Yasin, Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
  • 4. Nurhidayati & Ridwan, Nur Anisah. 2014. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Malang: Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang.
  • 5. Yani, Ahmad. 2013. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: penerbit CV Alfabeta.