Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-A21
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) pengetahuan, utamanya kajian konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen perubahan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) sikap, yaitu perilaku sesuai manajemen perubahan untuk berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) keterampilan, yaitu tindakan menerapkan manajemen perubahan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Berdasarkan cakupan aspek dalam matakuliah ini, pembelajarannya membahas tentang konsep dasar manajemen perubahan, jenis, level, strategi, pendekatan, proses dan agen, faktor penghalang, metode, dampak positif dan negatif, dan proses perubahan berencana. Kemampuan menguasai konsep dan proses manajemen perubahan merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam dunia yang selalu mengalami perubahan.
Capaian Pembelajaran
  • Ujian
  • Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang manajemen pendidikan
Daftar Pustaka:
  • Change Management Learning Center. 2004. Change Management. Loveland, CO 80537 USA: Prosci
  • Clarke, Liz. 1999. The Essence of Change (Memanajemen Perubahan). Edisi Terjemahan oleh Martin Muslie & Maghdalena S., Indonesia: Simon & Schuster (Asia) Pte, Ltd., Prentice Hall International (UK) Ltd., & Andi Yogyakarta