Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup materi Hakikat penelitian pendidikan, dasar-dasar penelitian pendidikan: masalah, etika, variabel dan hipotesis, kajian kepustakaan, sampling, instrumen, validitas dan realibilitas, statistika inferensial, dan validitas internal, metodologi penelitian terdiri atas: penelitian eksperimental, korelasional, kausal-komparatif, survey, analisis-konten, kualitatif termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), historis, dan penulisan proposal penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • (1) Berpikir logis
  • (2) Menunjukkan perilaku menghargai definisi yang tepat
  • (3) Mampu memiliki pengetahuan tentang hakikat, dasar-dasar, metodologi penelitian pendidikan matematika, dan penulisan proposal
Daftar Pustaka:
  • Nelly, A.E. & Lesh, R.A. 2000. Handbook of Research Design in Mathematics and Science Education. Mahwah: LEA
  • Owens, D.T. 1993. Research Ideas for the Classroom Middle Grades Mathematics. New York: Macmilan Publishing Company
  • Wilson, P.S. 1993. Research Ideas for the Classroom: High School Mathematics. New York: Macmilan Publishing Company