Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini menguatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Melalui matakuliah ini mahasiswa mampu: (1) memahami konsep pendekatan, metode, teknik, strategi, dan model-model inovatif pembelajaran bahasa Arab, dan (2) merancang, mengembangkan, dan menggunakan teknologi pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Topik kajian meliputi: (1) pendalaman pemahaman konsep pendekatan, metode, dan teknik, (2) pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, (3) model pembelajaran koperatif dalam pembelajaran bahasa Arab, (4) model pembelajaran bahasa Arab berbasis strategi belajar, (5) model pembelajaran bahasa berbasis multi kecerdasan, (6) Konsep teknologi pembelajaran, (7) variasi teknologi pembelajaran inovatif, (8) telaah isi dan desain teknologi pembelajaran inovatif, dan (9) produksi teknologi pembelajaran inovatif.
Capaian Pembelajaran
  • Kompeten secara teoritis dan terampil secara praktis untuk memilih, mengembangkan, mengintegrasikan, dan mengevaluasi berbagai macam model pembelajaran bahasa Arab dan mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi informasi dalam berbagai lingkungan belajar bagi pembelajar pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
Daftar Pustaka:
  • Aththar, Abdullah bin Ishaq dan Kinsarah, Ihsan bin Muhammad. (2015). Al-Kaainaat Al-Ta’liimiyah wa Tiknulujiya Al-Nano. Makkah: Jami’ah Umm Al-Qura.
  • Bax, S. (2003). CALL-past, present and future. System, 31(1), 13-28.
  • Chapelle, C. A. (1994). CALL activities: Are they all the same?. System, 22(1), 33-45.
  • Chapelle, C. A. (1998). Multimedia CALL: Lessons to be learned from research on instructed SLA. Language Learning & Technology, 2(1), 21-39.
  • Chapelle, C. A. (2001). Computer applications in second language acquisition: Foundations for teaching, testing and research. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Jamieson, J., & Chapelle, C. (1988). Using CALL effectively: What do we need to know about students? System, 16(2), 151162.
  • Knowles, S. (1992). Evaluation of CALL software: a checklist of criteria for evaluation. On-CALL 6(2): 9-17.
  • Levy, M. & Stockwell, G. (2006). CALL Dimensions: Options & issues in computer-assisted language learning. Mahwah, NJ: Erlbaum. Chapter 3: Evaluation.
  • Murray, L. & Barnes, A. (1998). Beyond the “wow” factor— evaluating multimedia language learning software from a pedagogical viewpoint. System 26: 249-259.
  • Warschauer, M. (1996). Computer assisted language learning: An introduction. In S. Fotos (Ed.), Multimedia Language Teaching (pp. 3-20). Tokyo: Logos International.
  • Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
  • Shu-Ling Wang, Hsien-Yuan Hsu, Sunny S. J. Lin, and Gwo-Jen Hwang (2014). The Role of Group Interaction in Collective Efficacy and CSCL Performance. Journal of Educational Technology & Society
  • Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
  • Problem Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework. (n.d.). 9.
  • Siburian, T. A. (n.d.). IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT ON WRITING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH THINK PAIR. 3, 14.
  • Poodle, Google Classrom
  • Aththar, Abdullah bin Ishaq dan Kinsarah, Ihsan bin Muhammad. (2013). Wasail Al-Itthshal Al-Ta’limiyah wa Al-Tiknulujiya Al-Haditsah. Makkah: Jami’ah Umm Al-Qura.
  • Aththar, Abdullah bin Ishaq dan Kinsarah, Ihsan bin Muhammad. (2013). Tiknulujia Al-Damj Fii Marakiz Mashadir Al-Taallum. Makkah: Jami’ah Umm Al-Qura.
  • Aththar, Abdullah bin Ishaq dan Kinsarah, Ihsan bin Muhammad. (2013). Al-Jaudah Al-Syamilah Fii Al-Ta’liim Al-Iliktruni. Makkah: Jami’ah Umm Al-Qura.
  • Aththar, Abdullah bin Ishaq dan Kinsarah, Ihsan bin Muhammad. (2013). Al-Hasuub wa Barmajiyat Al-Wasaith. Makkah: Jami’ah Umm Al-Qura.