Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Konsep strategi pembelajaran, klasifikasi strategi pembelajaran, jenis strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dasar dan kriteria pemilihan metode pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu meliliki kemampuan konperhensif tentang strategi pembelajaran sejarah.
  • Mampu menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual dengan memanfaatkan sumber belajar sejarah.
  • Mampu menerapkan kemampuan dasar guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah berdasar rancangan yang telah disusun.
  • Mampu melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran sejarah sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  • Mampu melakukan refleksi pada akhir pembelajaran sejarah dalam mengembangkan wawasan pembelajaran sejarah yang menumbuhkan kesadaran sejarah.
Daftar Pustaka:
  • Riyanto,Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  • Roestiyah, NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
  • Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembalajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  • Sumaatmadja, N. 1980. Metodologi Pengalajaran IPS. Bandung: Penerbit Alumni.
  • Suryani, Nunuk & Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
  • Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  • Thabrani, M & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  • Uno, HB. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Sejarah yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  • Widja, I.G.1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta; PPLPTK Dirjen Dikti Depdikbud
  • Utami, I. W. P. (2019). TEACHING HISTORICAL EMPATHY TROUGH REFLECTIVE LEARNING. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/paramita.v29i1.11479
  • Agib, Z. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
  • De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: mempraktekkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual, (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP)
  • Hadi Subroto, T., Herawati,IS. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
  • Ohorella, G. 1995. Pengajaran Sejarah, Kumpulan Makalah Simposium. Jakarta: Dirjen Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional