Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1) Kurikulum; tujuan dan SKL IPA SMP, identifikasi permasalahan pembelajaran IPA, 2) Strategi pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran IPA terpadu, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, pendekatan dan metode pembelajaran IPA, model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 3) Rancangan pembelajaran; Jenis keterpaduan materi (integrated, connected, share, webbed), pengembangan indicator pembelajaran IPKD, 4) Bahan ajar; peta konsep esensial berdasarkan KD IPA SMP
Capaian Pembelajaran
  • 8.1. Memahami konsep pembelajaran IPA secara terpadu sesuai Kurikulum 2013
  • 8.2. Menganalisis konsep-konsep dasar IPA sekolah pada jenjang pendidikan dasar (Fisika, Kimia, Biologi dan IPBA)
  • 8.3. Terampil menyusun rencana pembelajaran IPA secara terpadu dengan mengimplementasikan berbagai model pemaduan.
  • 8.4. Mampu merancang pembelajaran IPA di Sekolah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan mendorong kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan pendekaatan Natural of Science (NOS) dan TI dalam pemeblajaran IPA.
  • 8.5. Menganalisis masalah dan menemukan alternatif solusi dalam pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu di sekolah 6. Terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran IPA terpadu dengan cara Lesson Study
  • 8.6. Terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran IPA terpadu dengan cara Lesson Study
Daftar Pustaka:
  • Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. 2014. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills (8th edition). New York: Allyn & Bacon.
  • Joyce, B. R. & Weil, M. 2009. Models of Teaching (8th edition). New York: Allyn & Bacon.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Marzano, R. J., Frontier, T. & Livingston, D. 2011. Effective Supervision Supporting the Art and Science of Teaching. Alexandria, Virginia: ASCD.
  • Martinello, M. L. 2000. Interdisciplinary Inquiry in Teaching and Learning. New York: Prentice Hall.