Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A23-A23
Deskripsi:
Mengkaji dan menganalisis proses dan tingkat perencanaan organisasi pendidikan baik di tingkat makro maupun mikro, yang ditindaklanjuti dengan proses pengembangan organisasi (organizational development/OD) pendidikan. Pokok-pokok yang dikembangkan antara lain: konstruk, proses, pendekatan dan metode perencanaan pendidikan; konstruk, proses, pendekatan dan lingkup OD beserta dengan resistensi atas OD di bidang pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan bidang kajian perencanaan dan pengembangan organisasi pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian perencanaan dan pengembangan organisasi pendidikan
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian perencanaan dan pengembangan organisasi pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
Daftar Pustaka:
  • Bray, M. & Varghese N.V. 2011. Directions in educational planning International experiences and perspectives. Paris: International Institute for Educational Plan ning