Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-ABC
Deskripsi:
Ciri-ciri sekolah yang efektif, ciri-ciri manajemen berbasis sekolah (MBS), Rencana Pengembangan Sekolah (RPS), Pengelolaan pendanaan sekolah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, Peran serta masyarakat dalam pendidikan, peran serta masyarakat (PSM) dalam pembelajaran, jenis-jenis PSM, cara mendorong PSM, Dewan Sekolah, Komite Sekolah, Menjalin kemitraan dengan pihak luar, Manajemen dan kepemimpinan sekolah, Monitoring dan Evaluasi program sekolah
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi ciri-ciri sekolah yang efektif
  • Mendeskripsikan manajemen berbasis sekolah
  • Mengembangkan Rencana Pengembangan Sekolah
  • Menganalisis sumber dana sekolah serta penggunaannya
  • Menyusun Rencana Anggaran Belanja dan Pendapatan Sekolah
  • Mengidentifikasi peran serta masyarakat dalam pendidikan
  • Menganalisis peran Dewan Sekolah dan Komite Sekolah
  • Menyusun proposal kemitraan sekolah
  • Mendeskripsikan manajemen dan kepemimpinan sekolah
  • Menganalisis pengembangan laboratorium sekolah
Daftar Pustaka:
  • Abu-Duhou, I. 1999. School-based Management. Paris: International Institute for Educational Planning-UNESCO
  • Caldwell, B.J. 2005. School-based Management. Paris: International Institute for Educational Planning-UNESCO.
  • Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Paket Pelatihan Untuk Sekolah dan Masyarakat (Paket 1, 2, 3, 4). Jakarta: Depdiknas bekerjasama dengan USAID, AUSAID, UNICEF
  • Departemen Pendidikan Nasional. Tanpa tahun. Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat PLP Depdiknas
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
  • Overton, R. 2002. Leadership Made Simple. Singapore: Wharton Books Pte Ltd.
  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.