Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-C22
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) pengetahuan, yaitu berkaitan dengan pemahaman kerangka konseptual untuk menguasai teknologi dalam bidang manajemen proyek; (2) sikap, yaitu perilaku berkontribusi berdasarkan manajemen proyek dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) keterampilan, yaitu kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen proyek bidang pendidikan. Berdasarkan aspek-aspek dalam matakuliah tersebut, pembelajarannya mengkajin konsep dasar manajemen proyek: latar belakang, pengertian, karakteristik Manajemen Proyek (MP), perbedaan konsep manajemen proyek dengan manajemen umum, parameter manajemen proyek, manajemen risiko. Tahap-tahap pokok MP: perencanaan proyek (aplikasi microsoft project dalam PERT/CPM, scheduling, budgeting), pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Manajemen penerapan teknik manajemen proyek dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pengembangan manajemen pendidikan: penyusunan proposal proyek, pengorganisasian, dan pelaksanaan proyek dalam program-program pengembangan manajemen pendidikan yang relevan.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-C22
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) pengetahuan, yaitu berkaitan dengan pemahaman kerangka konseptual untuk menguasai teknologi dalam bidang manajemen proyek; (2) sikap, yaitu perilaku berkontribusi berdasarkan manajemen proyek dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) keterampilan, yaitu kemampuan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen proyek bidang pendidikan. Berdasarkan aspek-aspek dalam matakuliah tersebut, pembelajarannya mengkajin konsep dasar manajemen proyek: latar belakang, pengertian, karakteristik Manajemen Proyek (MP), perbedaan konsep manajemen proyek dengan manajemen umum, parameter manajemen proyek, manajemen risiko. Tahap-tahap pokok MP: perencanaan proyek (aplikasi microsoft project dalam PERT/CPM, scheduling, budgeting), pelaksanaan, dan evaluasi proyek. Manajemen penerapan teknik manajemen proyek dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pengembangan manajemen pendidikan: penyusunan proposal proyek, pengorganisasian, dan pelaksanaan proyek dalam program-program pengembangan manajemen pendidikan yang relevan.
Capaian Pembelajaran
- Memahami arti dan konsep dasar manajemen proyek.
- Menguasai konsep manajemen resiko proyek pendidikan.
- Mampu menginisiasi proyek pendidikan.
- Mampu menilai ukuran dan kompleksitas proyek pendidikan.
- Mampu merancang indikator keberhasilan proyek pendidikan
- Mampu merancang estimasi biaya dan penganggaran proyek pendidikan
- Mampu melakukan pengendalian proyek pendidikan.
- Mampu melakukan audit proyek pendidikan.
- Mampu menyusun laporan audit proyek pendidikan
- Ujian
- Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
- Haynes, M.E. 1996. Project Management. California: Crisp Publications, Inc.
- Richard, N. 2006. Project Management Step By Step. New York: Pearson.
- Kerzner, H.C. 1982. Project Management for Executives. New York: McGraw-Hill Book Company.
- McKee, A., Kemp, T. and Spence, G. 2013. Management: a focus on leader. Frenchs Forests NSW: Pearson
- Federal Electric Corporation. 1976. A Programmed Instruction to PERT. New York: John Wiley & Sons
- Gaynor, A.K. and Evanson, J.L. 1992. Project Planning. Boston: Allyn & Bacon
- Microsoft Project Incorporation. 2018. Microsoft Project Standard 2016
- Wiet, J.D. and Levy, F.K.1977. A Management Guide to PERT/CPM: with GERT/ PDM/DCPM and other Networks. Englewood Cliffs, N.J: Prentice Hall, Inc.
- Goodman, L.J. 1988. Project Planning and Management: An Integrated System for Improving Productivity. New York: Van Nostrand Reinhold Company
- Anderson, M.Q. 1982. Quantitative Management Decision Making. California: Brook/ Cole Publishing Company
- Teacher: Achmad Supriyanto