Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A20-BK
Deskripsi:
Proses kolaborasi antar profesi yaitu adanya interaksi profesi yang dapat menentukan kualitas kolaborasi, masing-masing profesi dapat menghargai kekuasaan profesi lain, mengenal dan menerima lingkup kerja serta tanggung jawab masing-masing, serta sifat kolaborasi yang digunakan untuk mencapai tujuan bersama
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis hubungan atau jejaring sosial dengan pihak internal dan eksternal dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang responsif baik secara individu dan kelompok dengan memperhatikan kebutuhan sasaran layanan melalui kajian kritis terhadap konsep kolaborasi profesi yang berlandaskan interprofessional education.
  • Mahasiswa mampu merencanakan kerjasama antar profesi yang mempunyai hubungan timbal balik dan tanggung jawab bersama melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling sebagai bagian dari penghalusan pengetahuan dan penguasaan atas perwujudan dari helping proffesion.
  • Mahasiswa mampu menyelenggarakan kerjasama antar profesi sebagai strategi untuk membangun partisipasi dalam kerangka pengelolaan kolaborasi antar profesi pembantuan melalui hubungan timbal balik dimana pemberian bantuan memegang tanggung jawab dalam kerangka kerja bidang resprektif masing-masing. Selanjutnya melakukan kolaborasi kegiatan yang meliputi diskusi tentang diagnosis masalah, proses pemberian bantuan yang dilakukan dengan penuh kepercayaan, komunikasi dan konsultasi masing-masing profesi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab.
Daftar Pustaka:
  • Dione Christy, Ph.D. dan Dianne Acuña Thompson, Ed.S.(tanpa tahun). Teachers, Administrators and School Counselors: Using Noncognitive Skills to Improve Student Success (power point tidak diterbitkan)
  • Elias Zambrano, Felicia Castro-Villarreal, & Jeremy Sullivan (tanpa tahun). School Counselors and School Psychologists: Partners in Collaboration for Student Success Within RTI and CDCGP Frameworks. (Paper)
  • Suzannah V. Calvery & Jung H. Hyun. 2013. Sustaining Education Through Enhanced Collaboration Between Teachers and School Counselors. Educational Research Journal《教育研究學報》, Vol. 28, Nos. 1 & 2, 2013 © Hong Kong Educational Research Association 2014
  • Andrea L. Dixon, Joyce A. DeVoss, & Eric S. Davis. Strengthening Links Between the Levels: School Counselor Collaboration for Successful Student Transitions
  • Artikel-artikel hasil penelitian yang relevan di berbagai jurnal ilmiah lainnya