Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Saat ini informasi berbasis data statistic telah banyak digunakan, baik dalam penelitian sosial maupun sebagai rujukan dalam media popular. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan belajar mengenai teknik statistic untuk menganalisis data dalam lingkup kajian ilmu sosial, khususnya ilmu komunikasi. Mahasiswa akan mempelajari teknik mengumpulkan data, menganalisis hubungan antar variabel, generalisasi dari sampel ke populasi, serta menguji hipotesis statistic.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar dalam statistik sosial.
  • Mahasiswa mampu memahami teknik pengumpulan data, teknik analisis antar variabel, serta cara menguji hipotesis statistik.
  • Mahasiswa terampil menggunakan teknik statistik untuk menganalisis data dalam konteks kajian ilmu komunikasi.
Daftar Pustaka:
  • Bhattacharyya, G. K., and R. A. Johnson, (1997). Statistical Concepts and Methods, John Wiley and Sons, New York.
  • Blalock, J. and Hubert, M. (1979) Social Statistics. McGraw Hill Book Company, New York.
  • De Vaus, DA. (2002) Surveys in Social Research (5th edition). London: Routledge.
  • Dixon, W. J. and Massey, F.J. (1969). Introduction to Statistical Analysis, McGraw-Hill, New York.
  • Gilbert, N. (1993) Analyzing Tabular Data: Loglinear and Logistic Models for Social Researchers. London: UCL Press.
  • Gilbert, N. (ed.) (2001) Researching Social Life (2nd edition). London: Sage.
  • Gilbert, N. and Troitzsch, K.G. (2005) Simulation for the Social Scientist (2nd edition). Maidenhead: Open University Press.
  • Hollander, M. and Wolfe, D. A. (1973). Nonparametric Statistical Methods, John Wiley & Sons, New York.
  • Lawson, T. (2019). The Nature of Social Reality: Issues in Social Ontology (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429199035
  • Linneman, T.J. (2021). Social Statistics: Managing Data, Conducting Analyses, Presenting Results (4th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003220770
  • Malec, M. (1994). Essential Statistics For Social Research: Second Edition (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429500763
  • Robson, C. (2002) Real World Research: A Resource for Social Scientists and Practitioner-Researchers (2nd edition). Oxford: Blackwell.
  • Schacht, S.P. (2005). Social and Behavioral Statistics: A User-Friendly Approach (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429497308
  • Startup, R., & Whittaker, E.T. (1982). Introducing Social Statistics (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003213123