Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini menjelaskan tentang aktivitas pengembangan sains, mendeskripsikan sifat-sifat sains, memahami sejarah perkembangan sains dari waktu ke waktu, menjelaskan aliran-aliran berpikir yang mewarnai sejarah sains, memahami sumber-sumber pengetahuan alam, memahami metode ilmiah yang mendasari sains,mampu memilih metode ilmiah yang tepat dalam menjawab pertanyaan tentang alam, menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan ilmu alam, memahami konsep kebenaran ilmiah dengan segala aspeknya, mengaplikasikan konsep kebenaran ilmiah dalam situasi konkrit, memahami konsep hukum ilmiah, memahami konsep teori ilmiah, memahami hubungan antara hukum dan teori ilmiah, memahami sains modern secara umum dan perannya dalam kehidupan, memanfaatkan teknologi terbaru untuk menggali pengetahuan tentang alam dan memanfaatkannya, memahami peranan ilmuwan dalam masyarakat serta mengambil peran untuk memecahkan masalah demi keberlanjutan alam, dan bersikap ilmiah sebagai ilmuwan dalam menghadapi permasalahan di situasi konkrit
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
  • Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
  • Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
  • Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains
  • Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
Daftar Pustaka:
  • Wonorahardjo, S. 2009. Sains Dasar Berkelanjutan, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.
  • Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press,
  • Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.
  • Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  • Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.
  • Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.
  • Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
  • Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.
  • Suriasumantri, J. S.1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan.
  • Tobias, S. & Tomizuka, C.T. 1992. Breaking the Science Barrier, New York.