Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup Komputer Grafis, meliputi: Teori dan praktik dasar-dasar komputer untuk keperluan bidang grafis serta mengaplikasikan berbagai program komputer grafik baik teori maupun praktik secara langsung dalam penyusunan elemen-elemen yang meliputi gambar, tulisan, ide dan teknik.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai organisasi unsur, kaidah, dan prosedur dalam pengelolaan dan pengoperasian aplikasi desain berbasis vector dan bitmap.
  • 2. Menganalisis kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran pada materi seni rupa/ seni budaya yang berhubungan dengan komputer grafis sebagai penunjang dan pelengkap kegiatan pembelajaran.
  • 3. Menguasai program aplikasi berbasis vector mulai dari tahap intalasi sampai pengoperasian dan sampai tahap produksi produk.
  • 4. Menguasai program aplikasi berbasis bitmap mulai dari tahap intalasi sampai pengoperasian dan sampai tahap produksi produk. Mengkombinasi pengelolaan dan pengoperasian aplikasi bitmap dan vector sesuai kebutuhan dalam perancangan produk desain grafis
Daftar Pustaka:
  • Armstrong, Helen. 2009. Graphic Desain Teory from the field. Yogyakarta. Andi. E.S. Sadjiman. 2009. Irama Visual. Jakarta. Jalasutra. Pujiyanto. 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta. Andi. Murphy. John and Michael Rowe. 1998. How to design trademarks and logos. Ohio: North Light Book. Safanayong, Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta. Arte Intermedia. Swan, Alan. 1987. Basic Design and Layout. Oxford: Phaidon