Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Menjelaskan batasan/pengertian, makna, dan azas kurikulum; menelaah KI dan KD mata pelajaran kimia SMA berdasarkan Kurikulum 2013; pengembangan Deskripsi Isi Mata Kuliah materi pelajaran kimia di sekolah berdasarkan telaah KI dan KD; menganalisis dan mengkomunikasikan materi pelajaran kimia SMA berdasarkan klasifikasi dimensional (faktual, konseptual, prosedural); mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep-konsep penting, hubungan antar konsep, dan urutan konsep dalam materi pembelajaran kimia SMA; mengkomunikasikan konsep-konsep penting, deskripsi konsep, hubungan antar konsep, dan urutan konsep dalam materi pembelajaran kimia SMA; mengkomunikasikan miskonsepsi yang mungkin terjadi dalam materi pembelajaran kimia SMA; mendeskripsikan variabel pembelajaran, kompetensi guru, kurikulum 2013, dan standar pendidikan sebagai referensi/acuan dasar untuk mengembangkan komponen-komponen dalam perancangan pembelajaran kimia SMA; mendeskripsikan fungsi dan peran perancangan sebagai persiapan dalam melakukan pembelajaran kimia SMA; mendeskripsikan Backward design sebagai salah satu pendekatan dalam mengembangkan perancangan pembelajaran kimia SMA; mengembangkan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan hasil analisis materi pembelajaran kimia SMA; mengembangkan kisi-kisi dan instrumen penilaian otentik berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran kimia SMA; mendeskripsikan teknik, metode, dan model sebagai strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran kimia SMA yang mengacu pada pendekatan inkuiri, kontekstual, dan berpusat pada siswa; mendeskripsikan peran dan fungsi bahan ajar (Worksheet dan modul) serta media sebagai penunjang pembelajaran kimia SMA yang mengacu pada pendekatan inkuiri, kontekstual, dan berpusat pada siswa; mengembangkan bahan ajar (Worksheet dan modul) dan media menggunakan teknik, metode, dan model berbasis pendekatan inkuiri, kontekstual dan berpusat pada siswa sebagai penunjang pembelajaran kimia SMA; mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kimia SMA; mengkomunikasikan perangkat pembelajaran kimia SMA; menampilkan contoh implementasi perangkat pembelajaran kimia SMA dalam kegiatan peer teaching.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami hakikat kurikulum
  • Memahami hakikat kurikulum
  • Mengkaji silabus kimia menurut Kurikulum 2013 dan perubahannya
  • Mengkaji silabus kimia menurut Kurikulum 2013 dan perubahannya
Daftar Pustaka:
  • Permendikbud No 20 tahun 2016 tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
  • Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
  • Permendikbud No 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 dan Lampirannya untuk Bidang Studi Kimia SMA-MA
  • Hassard, J. 2005. The Art of Teaching Science: Inquiry and Innovation in Middle School and High School. Oxford: Oxford University Press.
  • Lummis, B. 2001. Guide to Curriculum Development. Turning Points: Transforming Middle Schools. New York: Center for Collaborative Education
  • Silabus mata pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Kimia 2017
  • https://www.australiancurriculum.edu.au/senior-secondary-curriculum/science/chemistry/
  • http://www.cambridgeinternational.org/programmes-and-qualifications/cambridge-igcse-chemistry-0620/
  • http://www.cambridgeinternational.org/programmes-and-qualifications/cambridge-igcse-chemistry-9-1-09...
  • http://www.cambridgeinternational.org/programmes-and-qualifications/cambridge-igcse-chemistry-us-043...