Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang kajian unsur-unsur lingkungan dan dinamikanya secara spasiotemporal, mencari dan menemukan keterkaitan antar faktor lingkungan dengan menggunakan pendekatan geografi, menentukan pola interaksi social system dan ekosistem di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia berbasis data spasiotemporal, serta mencermati pengaruh lingkungan terhadap kehidupan, memahami dinamika pembangunan dalam rangka SDG’s.
Capaian Pembelajaran
  • Mengkaji, menerapkan, dan menganalisis unsur-unsur lingkungan dan dinamikanya secara spasiotemporal, mencari dan menemukan keterkaitan antar faktor lingkungan dengan menggunakan pendekatan geografi
  • Menentukan pola interaksi social system dan ekosistem di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia berbasis data spasiotemporal, serta mencermati pengaruh lingkunganterhadap kehidupan serta kerusakan lingkungan disertai solusi kongkrit,
  • Memahami dinamika pembangunan dalam rangka SDG’s di berbagai wilayah secara jeli berbasis data open source,
  • Melaporakan hasil kerja dalam bentuk makalah yang dipresentasikan, dan laporan tertulis dalam bentuk softfile.
Daftar Pustaka:
  • Bintarto, 1977. Pengantar Geografi Sosial, Yogyakarta, UP Spring.
  • Daniel D. Chiras, 1988, Environmental Science, California: The Benyamin Cumming Publishing Company, Inc.
  • Kaslan A. Thohir, 1991, Butir-butir Tata Lingkungan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  • Moh. Soerjani, dkk. 1987. Lingkungan Sumber daya dan Pembanguna, Jakarta: UI Press.
  • OttoSoemarwoto, 1997. Ekologi, Lingkungan Hidup, dan Pembangunan, Jakarta: Djambatan.
  • Otto Soemarwoto, 1999. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Yogyakarta Gajah Mada. 
  • Tjasyono, B. 1986. Iklim dan Lingkungan. Bandung: Cendekia Jaya Utama.
  • Sarlito W. Sarwono, 1995. Psikologi Lingkungan, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • SoedjiranResosoedarmo, 1985. Pengantar Ekologi. Bandung: Remadja Karya.
  • Supardi, I, 1994. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: Alumni.
  • Tafe Commision, 1991.Environment in Crisis, Sydney, Auatralia: Went worth press.
  • Unesco. 1997. Education for Sustainable Future, Thesaloniki Yunani: Unesco