Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji berbagai problematika pendidikan bidang studi sejarah, meliputi, berbagai problematika materi yang bersifat kontroversial, pendidikan karakter, model, media, pendekatan, metode, dan perangkat evaluasi
Capaian Pembelajaran
  • Melalui matakuliah ini, mahasiswa dapat menganalisis berbagai problematika pendidikan bidang studi sejarah
Daftar Pustaka:
  • Baygin, M., Yetis, H., Karakose, M., & Akin, E. (2016). An Effect Analysis of Industry 4.0 to Higer Education. American Journal of Speech-Language Pathology
  • Benesovaa, A., & Tupaa, J. 2017. Education and Qualitative of Paople in Industry. 27th International Conference on Flexible Automation and Intelligent Manufacturing, 2195
  • Burke, P. 2001. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
  • Gerlach, & Ely. 1980. Teaching & Media: A Systematic Approach. Boston: Pearson Education
  • Hegel. 2005. Nalar dalam Sejarah. Jakarta: Teraju
  • Kartodirdjo, S. (2001). Writing Nasional History in Indonesia, Theory and Practice. Yogyakarta: Kanisius
  • Kartodirdjo, S. 1970. Lembar Sejarah. Yogyakarta: UGM Press
  • Kumar, K. 2012. Sosiologis Historis. In B. s. Turner, Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern (p. 662). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana
  • Kuntowijoyo. 2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Lloyd, C. 1985. Explanation in Social History. New York: Basil Blackwell
  • Lloyed, C. 1987. Teori Sosial dan Praktek Politik. Jakarta: Aksara Persada Indonesia
  • Lubis, A. 2014. Posmodernisme, Teori dan Metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
  • McCullagh, C. 2004. Logic of History, Perspektif Posmodernisme. Yogyakarta: Lilin Persada Press
  • Puranto, B., & Adam, A. 2005. Menggugat Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak